Rabu, April 08, 2009

Adaptasi

Anda masih ingat pelajaran kelas 1 SMP tentang hukum Newton?
Salah satu Hukum Newton mengatakan bahwa suatu benda yang bergerak dengan kecepatan tertentu, akan cenderung untuk terus bergerak apabila dia diperlambat. Kita juga memiliki kecenderungan ini, kita yang sudah enak dan nyaman di suatu tempat, posisi, atau jabatan dan pekerjaan tertentu, cenderung akan memilih untuk tetap berada di posisi itu sekalipun ada sesuatu yang membuat kita untuk pindah dari sana.
Karenanya manusia dibekali juga dengan kemampuan beradaptasi, yaitu kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Kemampuan beradaptasi inilah yang belakangan ini sedang saya pergunakan lagi. Karena saya untuk kesekian kalinya pindah kerja. Kali ini saya bekerja sebagai seorang dokter bangsal di rumah sakit, yang salah satunya bertanggung jawab atas keluhan pasien di bangsal dan ICU. Bekerja di lingkungan Rumah Sakit bukan kali yang pertama buat saya. Sewaktu program kemitraan dulu, saya juga bekerja di salah satu rumah sakit negeri di solo, setelah lulus, saya bekerja sebagai dokter jaga IGD disalah satu RSIA di Sleman, Yogyakarta. Ternyata, setting pekerjaan saya yang selama 2 tahun ini bersifat di luar rumah sakit, membuat saya harus bekerja ekstra keras untuk menyesuaikan diri dengan pekerjaan di Rumah Sakit. Sangat-sangat berbeda, itulah hal yang saya temukan dan pelajari.

Dalam kehidupan sehari-hari kita juga akan menemukan banyak hal yang membuat kita harus beradaptasi. Selain pekerjaan baru, rumah baru, kendaraan baru, bahkan pengantin baru akan membuat kita beradaptasi. Yang jadi masalah adalah, apakah kita siap untuk beradaptasi? apakah kita siap untuk berubah? karena menurut seorang pakar, kita harus selalu siap berubah, karena tidak ada yang bersifat kekal di dunia ini kecuali perubahan itu sendiri.

Beradaptasi memang sulit, berubah memang tidak mudah, namun akan banyak kita temukan hal-hal yang menarik ketika kita mau berubah. Tentunya jika perubahan itu kearah yang lebih baik akan lebih sulit. Tidak jarang kita justru akan menghadapi tantangan yang sangat berat dari orang-orang yang sudah merasa nyaman dengan keadaan yang dijalaninya saat ini. Jadi, beradaptasi? yuuuk....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar