Jumat, Februari 27, 2009

MENAIKAN ALEXA RANK

Apa atau siapa sih Alexa? dia hadir untuk apa? setelah klik sana klik sini ternyata ketemu jawabannya. Mau tahu jawabannya? silahkan cari sendiri, he he….. ya menurut saya Alexa rank adalah sebuah web yang kerjaannya nge-ranking web/blog orang lain.

Nah bagaimana bila kamu ingin mengetahui alexa dan menaikan rankingnya coba kamu gunakana lima trik berikut:


1. Alexa Traffic
Langkah pertama: Get lot of site traffic! langkah ini adalah untuk menentukan website kamu memiliki trafik tinggi atau rendah, kalau trafiknya tinggi berarti web kamu sangat terkenal alias populer.
2. Alexa Toolbar
Langkah kedua pasang dan install alexa toolbar di browser kamu dengan alexa toolbar ini website yang dibuka akan mendapatkan poin termasuk website kamu sendiri yang sering pake browser kamu sendiri.
dimana nih dapet file instalernya?
klik alexa toolbaR untuk mendapatkan link installernya/add on namanya alexa sparky untuk browser firefox
Klik alexa toolbar IE lihat dulu petunjuk untuk Internet Explorer
3. Alexa Widget
Langkah 3 Pasang Alexa site stat widget di website kamu widget ini untuk pemasangan di blogger tinggal copy aja Scriptnya bisa diambil di sini. lalu paste-kan pada element di blog kamu.
4. Alexa Redirection
Yang ini sudah ngga digunakan lagi…. Jadi ga perlu di bahas ya…
5. Alexa Blog/Content
Langkah terakhir, tulis posting atau artikel di blog kamu yang isinya membahas tentang alexa rank…..

selamat mencoba
Read more...

Kamis, Februari 26, 2009

Apakah Endonesia akan memiliki pemimpin seperti ini?


Presiden Iran saat ini: Mahmoud Ahmadinejad, ketika di wawancara oleh TV Fox (AS) soal kehidupan pribadinya:
"Saat anda melihat di cermin setiap pagi, apa yang anda katakan pada diri anda?"
Jawabnya: "Saya melihat orang di cermin itu dan mengatakan padanya:
"Ingat, kau tak lebih dari seorang pelayan, hari di depanmu penuh dengan tanggung jawab yang berat, yaitu melayani bangsa Iran".

Berikut adalah gambaran Ahmadinejad, yang membuat orang ternganga dan terheran-heran :


Saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan, Ia menyumbangkan seluruh karpet Istana Iran yang sangat tinggi nilainya itu kepada masjid2 di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan.


Ia mengamati bahwa ada ruangan yang sangat besar untuk menerima dan menghormati tamu VIP, lalu ia memerintahkan untuk menutup ruang tersebut dan menanyakan pada protokoler untuk menggantinya dengan ruangan biasa dengan 2 kursi kayu, meski sederhana tetap terlihat impresive.


Di banyak kesempatan ia bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah dan kantor kepresidenannya.

Di bawah kepemimpinannya, saat ia meminta menteri-menterinya untuk datang kepadanya
dan menteri-menteri tersebut akan menerima sebuah dokumen yang ditandatangani yang berisikan arahan-arahan darinya, arahan tersebut ter
utama sekali menekankan para menteri-menterinya untuk tetap hidup sederhana dan disebutkan bahwa rekening pribadi maupun kerabat dekatnya akan diawasi, sehingga pada saat menteri-menteri tersebut berakhir masa jabatannya dapat meninggalkan kantornya dengan kepala tegak.

Langkah pertamanya adalah ia mengumumkan kekayaan dan propertinya yang terdiri dari Peugeot 504 tahun 1977, sebuah rumah sederhana warisan
ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran. Rekening banknya bersaldo minimum, dan satu2nya uang masuk adalah uang gaji bulanannya. Gajinya sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$ 250.00.
Sebagai tambahan informasi, Presiden masih tinggal di rumahnya.
Hanya itulah yang dimiliki seorang presiden dari negara yang penting baik secara strategis, ekonomis, politis, belum lagi secara minyak dan pertahanan. Bahkan ia tidak mengambil gajinya, alasannya adalah bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya.

Satu hal yang membuat kagum staf kepresidenan adalah tas yg selalu dibawa sang presiden tiap hari selalu berisikan sarapan; roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya dan memakannya dengan gembira, ia juga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden.

Hal lain yang diubahnya adalah kebijakan tentang Pesawat Terbang Kepresidenan, ia mengubahnya menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat sedangkan untuk dirinya, ia meminta terbang dengan pesawat terbang biasa dengan kelas ekonomi.

Ia kerap mengadakan rapat dengan menteri-menterinya untuk mendapatkan info tentang kegiatan dan efisiensi yang sudah dilakukan, dan ia memotong protokoler istana sehingga menteri-menterinya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan. Ia juga menghentikan kebiasaan upacara seperti karpet mer
ah, sesi foto, atau publikasi pribadi, atau hal-hal seperti itu saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya.

Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yg tidak terlalu besar karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut. Apakah perilaku tersebut merendahkan posisi presiden?
Presiden Iran tidur di ruang tamu rumahnya sesudah lepas dari pengawal-pengawalnya yang selalu mengikuti kemanapun ia pergi. Menurut koran Wifaq, foto-foto yg diambil oleh adiknya tersebut,kemudian dipublikasikan oleh media masa di seluruh dunia, termasuk amerika.


Read more...

"HIPNOTIS" PENTING UNTUK DIBACA

Kejadian di jakarta contoh sdh banyak
Penjahat Hipnotis! Hati hati buat yang suka ngopi-ngopi di cafe dan tempat umum (dimana saja):
kebetulan kisah ini terjadi diJakarta.



Kejahatan sudah makin edan.
Hati-hati; kini makin banyak saja orang jahat.
Tolong disebarin keteman-teman yang lainnya.

Saya, Ira (26) dan suami saya aryo (28) tahun, mengalami suatu kejadian
yang tidak bisa terlupakan dan sangat mengganggu kehidupan kami berdua
selama hidup.

Bahkan saat ini pun kami sedang dalam perawatan psikiater. Kami sungguh
marah dan sangat terguncang sekali. Saya ingin menceritakan pengalaman
buruk kami, agar rekan-rekan dapat berhati-hati dan selalu waspada jika
didekati seseorang yang tak kita kenal pura-pura meminta bantuan.
Ceritanya begini:



Suatu hari sekitar pukul 7 malam sepulang kantor kami menuju ke Warung
Tenda Semanggi untuk makan malam. Saya memilih sebuah tempat di
sekitar cafe yang banyak terdapat di sana

Kami duduk di sebuah meja di halaman luar untuk mendapatkan pemandangan yang
lebih lega dan dapat memperhatikan orang yang sedang lewat.Pada saat kami sedang berbincang-bincang, datang tiga pria dan mengambil
meja tepat di samping kami.

Kemudian salah satu dari mereka ingin menyalakan rokok dan tiba-tiba
mendatangi aryo meminjam korek api.Tanpa rasa curiga aryo menyalakan rokok si pemuda tadi! Pada saat hampirbersamaan, pria tersebut menepuk bahu kami berdua dan seingat saya memandang mata saya dengan tajam. Ternyata aryo merasakan hal yang sama
juga.

Pemuda itu mengatakan bahwa dia bekas teman aryo waktu kuliah dulu di
Amerika (padahal aryo tidak pernah kuliah di Amerika. Tapi
anehnya seperti terkena hipnotis kami mengiyakan saja, percaya dan mengganggap mereka
seperti teman karib lama yang baru saja ketemu. Dua orang temannya yang
duduk di meja samping kami segera pula bergabung di meja saya.

Kami berlima makan malam seperti kawan yang akrab sekali.Ketiga-tiganya masih muda dan berpenampilan menarik, saya hanya ingat
salah satu bernama Rico.Setelah aryo membayar bill usai makan, Rico mengajak kami untuk melanjutkan bincang- bincang di tempat dia. Saya dan aryo menurut saja
seperti kerbau dicocok hidungnya.

Kemudian kami menuju ke mobil mereka, seingat saya Kijang baru.
Setelah berputar-putar yang nggak jelas kami kemudian dibawa ke sebuah hotel di sekitar Blok M/Senayan,kemungkinan Grand Mahakam atau Hotel Mulia (kami tidak ingat dengan jelas.Kami kemudian merasa berada dalam sebuah kamar yang cukup besar dengan
ruang tamu (suite room).

Seperti disihir, salah satu dari mereka mengajak aryo ke ruang tamu untuk
minum-minum sedangkan yang dua (Rico dan temannya) meminta saya masuk ke
dalam kamar yang terpisah dengan ruang tamu. Anehnya saya merasa senang
saja dan menuruti semua perkataan Rico. Menurut pengakuan aryo dia juga
merasakan hal yang sama.

Rico kemudian melepas baju saya dan kami melakukan hubungan intim,
seakan-akan tanpa paksaan. Entah di bawah pengaruh dan kekuatan apa, saya
melayani dengan 'rela' ketiga pemuda tadi secara bergantian. Pada saat itu
saya betul-betul tidak merasakan adanya paksaan sama sekali..
aryo tidak sadar sama sekali, bahwa istrinya tengah tidur dengan tiga
lelaki secara bergantian di bawah pengaruh hipnotis. Setelah ketiganya
selesai, saya diajak ke bath-tub dan dimandikan oleh salah satu teman

Rico. Setelah memakai baju kembali, mereka meminta
semua perhiasan, jam, dompet, dan HP saya. aryo juga mengalami hal
yang sama pada saat di kamar tamu juga diminta semua
barang- barangnya.

Yang saya ingat Rico mengatakan bahwa itu dibutuhkan
untuk biaya reuni alumni. Rico kemudian mengantar kami kembali
ke Semanggi, dan dia mengatakan terima kasih atas pelayanan saya
serta sumbangan untuk alumni. Kami berdua masih belum terlalu sadar.

Sesampainya dimobil kami, saya melihat jam di mobil yang telah
menunjukkan pukul 1dini hari. Pada saat itu saya sudah mulai sadar bahwa
selama lebih dari empat jam kami dibawa oleh ketiga pemuda tadi.
Tetapi saya masih merasakan itu sebagai mimpi.

Sesampainya di rumah di daerah Bintaro saya menanyakan kepada aryo apa
yang telah terjadi, kami akhirnya menyadari apa yang telah terjadi.
Kami telah jatuh ke tangan bajingan biadab yang memperdayai saya,
bahkan saya telah dengan suka rela berhubungan badan dengan mereka.

Bagai langit jatuh menimpa kami, saya merasa terhina sekali dan mau
bunuh diri saja rasanya. Aku menangis tak berkesudahan seperti gila..
Satu-satunyam bukti nyata yang saya punyai adalah bekas ceceran sperma
Rico pada stocking saya yang masih berbekas...

Aryo tidak bisa lagi mengingat-ingat kejadian tersebut. Kami seperti
orang linglung, hilang pikiran sama sekali. Kami mengalami stres berat.
Pukulan luar biasa bagi hidup sehingga jiwa kami sungguh terguncang.

Ya Tuhan, ampunilah kami. Kenapa
nasib kami begini?

Keluarga saya segera mengantarkan
kami menemui psikiater. Dengan bantuan psikiater, kami dihipnotis
dan sedikit-demi sedikit bisa mengungkapkan apa yang telah terjadi..

Menurut psikiater, kejadian ini telah beberapa kali terjadi di Jakarta
dengan modus yang sama.. Yang pertama menimpa suami-istri yang sedang
makan malam di sekitar Taman Ria Senayan, yang kedua menimpa
pasangan muda-mudi yang tengah makan malam di Cafe daerah Kemang.

Kesemuanya juga dibawa ke sebuah tempat, yang wanita disebadani dan
diambil semua barang berharganya.
Kemudian keduanya dikembalikan kelokasi semula.

Berhati-hatilah jika Anda terutama
pasangan muda, kalau ada orang yang meminta bantuan
(meminta api rokok atau apa saja)

Jika mereka menepuk Anda, segera pukul atau tampar mereka.
Dan jangan sekali-kali menatap mata mereka secara langsung.

Para pemuda tadi adalah Bajingan maniak yang mempunyai ilmu hipnotis
tinggi dan ingin memperdayai istri-istri orang.

dari email teman

Read more...

Senin, Februari 23, 2009

KESEHATAN ADALAH INVESTASI - Anda setuju?

Kesehatan adalah salah satu investasi yg bernilai. Aset ini adalah salah satu aset yg paling berharga menurut saya. Kenapa begitu? Ada beberapa alasan menurut saya.


Alasan yg pertama adalah dengan kesehatan yg prima, kita dapat bekerja dengan baik dan optimal. Ini adalah aset yg sangat bernilai, sebagai contoh jika anda seorang akuntan suatu hari anda terserang flu saja, anda demam, bersin, pusing kepala, tidak dapat bekerja. Padahal, anda digaji dengan sistem penyelesaian pekerjaan dengan tenggat waktu. Apa jadinya? Ya, pekerjaan anda akan terbengkalai, dan uang gaji anda kemungkinan melayang. Ini mungkin tidak berlaku bagi anda yg digaji tetap setiap bulannya. Apalagi PNS, yg walaupun tidak masuk kerja karena sakit, gaji tetap akan dibayar.

Alasan yg kedua, adalah betapa besar biaya yg harus dikeluarkan ketika kita sakit. Biaya pemeriksaan, obat, tindakan sudah sangat meningkat akhir-akhir ini. Kita akan lebih ngeri lagi jika membayangkan biaya untuk operasi, dan bahkan sampai tindakan medis yg bersifat kronis seperti Hemodialisa atau cuci darah dan transplantasi atau cangkok organ.

Alasan yg ketiga, adalah sakit adalah sesuatu yg dapat menghabiskan aset kita. Tidak jarang kita melihat bagaimana seseorang yg mengalami sakit kronis harus kehilangan perhiasan, mobil, bahkan rumahnya untuk biaya berobat.

Alasan yg keempat, jika kita sehat, akan lebih mudah juga untuk mengajak orang lain untuk ikut sehat. Kampanye kesehatan akan sulit dilakukan jika seseorang justru menderita sakit. Tapi jika anda sehat dan bugar, tentunya akan lebih mudah untuk mengajak orang lain untuk mengikuti gaya hidup sehat dan bugar seperti anda.

Alasan yg kelima menurut saya adalah biaya investasi untuk sehat lebih murah daripada biaya untuk sakit. Sebagai contoh, perbandingan biaya untuk membeli sebungkus rokok, dengan satu kilogram sayuran segar. Satu kilogram bayam jelas lebih murah dan lebih menyehatkan daripada sebungkus rokok bukan? Contoh lain, satu porsi makanan junk food dengan segelas jus buah, jelas akan lebih murah segelas jus buah (kecuali kalau anda membelinya di sebuah hotel berbintang 5 akan lain ceritanya). Contoh lain adalah perbandingan antara satu botol minuman keras beralkohol dengan joging selama 30 menit 3 kali seminggu, mana lebih murah? Silahkan anda bandingkan sendiri. Dan tentunya masih banyak perbandingan lain yg bisa kita sebutkan.

Nah, itu tadi beberapa alasan mengapa kesehatan adalah suatu investasi yg sangat bernilai menurut saya? anda setuju> atau punya pendapat lain? silahkan, komentarnya saya tunggu
Read more...

Sabtu, Februari 21, 2009

Hazard di Emergency Room

Beberapa waktu yang lalu saya diminta untuk mengantar keponakan saya yang menderita sesak nafas. Sesampainya di UGD salah satu Rumah Sakit di Solo tersebut, saya iseng-iseng mengamati ruangan UGD tersebut dan mencoba mencari tahu apa saja kira-kira bahaya yang ada di ruangan tersebut yang bisa mempengaruhi pekerja yang bekerja disana. Ternyata ada beberapa hal yg teramati dan bisa menjadi bahaya disana.
Bahaya - bahaya tersebut antara lain :


1. Bahaya Percikan darah dan penyakit yang menular melalui darah

Ruangan UGD suatu RS merupakan suatu lokasi yg didalamnya banyak terjadi kegiatan penyelamatan nyawa dan tidak jarang banyak terjadi percikan darah atau kemungkinan penularan penyakit melalui darah (Bloodborne pathogen). Pekerja di ruangan ini memiliki potensi untuk terkena penyakit yg menular melalui darah atau percikan cairan tubuh manusia seperti sputum, cairan hidung, mata, telinga , dsb.
Beberapa tindakan yg bisa dilakukan antara lain :

a. Penataan teknik tempat kerja dan pengendalian di lokasi kerja

Penataan teknik dan pengendalian di lokasi kerja harus menjadi prioritas utama untuk menghilangkan atau meminimalisir paparan penyakit yg menular melalui percikan darah. Penataan dan pengendalian lokasi kerja akan mengurangi paparan bahaya pada pekerja dengan cara memindahkan, menghilangkan atau mengisolasi bahaya, pihak yg berwenang di RS juga sebaiknya menggunakan dan secara rutin meperbaharui Rencana Pengendalian Paparan (RPP).

b. Untuk Pekerja:

* Pastikan dokter dan paramedis mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) yg sesuai seperti; sarung tangan karet, apron, masker,google (kacamata) saat mengantisipasi paparan darah atau cairan tubuh manusia yang lain.

* Pastikan dokter dan paramedis membuang jarum yg terkontaminasi dan peralatan tajam yg lain sesegera mungkin setelah dipakai ke dalam wadah yg sesuai (sharp container)

* Menyediakan dalam Rencana Pengendaliam Paparan (RPP) dokumentasi terhadap pertimbangan dan penerapan suatu kesediaan Penataan kontrol teknik yg didesain untuk menghilangkan atau meminimalisir paparan terhadap darah atau cairan tubauh manusia yg lain

* Mempraktekkan Universal Precautions: memperlakukan semua darah dan cairan tubuh yg berpotensi infeksius sebagai sesuatu yg benar-benar infeksius dan menerapkan tindakan pencegahan yg sesuai untuk menghindari kontak dengan material tersebut.


* Setiap kejadian kecelakaan tertusuk jarum harus dicatat dalam buku Log khusus. Buku ini harus disediakan pihak RS dan pekerja yg mengalami kecelakaan dijaga kerahasiaannya dan dilindungi.

* Melakukan Follow-up area untuk setiap kejadian perlukaan karena jarum atau kecelakaan terpapar cairan tubuh infeksius. Pekerja sebaiknya diperiksa dan dibuat medical record yg rahasia, dilakukan juga evaluasi dan follow up trhadap apa yg terjadi pada diri pekerja.

Bersambung...

Read more...

Jumat, Februari 20, 2009

Flu...Flu.... enaknya dicegah daripada diobati

Cara terbaik untuk menghindari infeksi influenza adalah vaksinasi setahun sekali.

Ada dua jenis vaksin influenza :

1. "Flu shot vaccine" suatu vaksin yang mengandung virus yang telah dimatikan. Diberikan melaui suntikan, biasanya dilakukan di daerah lengan atas. Diijinkan hanya untuk usia lebih dari 6 bulan, termasuk orang yang sehat dan orang yang menderita penyakit kronis.Merek dagang yang ada di Indonesia antara lain (Vaxigrip TM)

2.The nasal-spray flu vaccine (vaksin flu yang digunakan melalui semprotan hidung)— adalah suatu vaksin yang dibuat dari virus flu yang dilemahkan yang tidak menyebabkan flu (kadang disebut juga sebagai LAIV atau “live attenuated influenza vaccine” ) diijinkan untuk digunakan pada orang yang sehat berusia 2-49 tahun yang tidak dalam keadaan hamil.

Tiap jenis vaksin mengandung tiga jenis virus influenza; satu A (H3N2) virus, satu A (H1N1) virus, dan satu B virus. Virus-virus yang terkandung di dalam vaksin ini berganti setiap tahun sesuai dengan Surveilans International dan perkiraan para ahli tentang tipe dan strain virus yang mana yang akan beredar pada tahun vaksin diberikan.

Sekitar 2 minggu setelah vaksinasi, antibodi yang memberikan perlindungan terhadap virus influenza akan terbentuk di dala tubuh.

Kapan sebaiknya dilakukan vaksinasi?

Vaksinasi flu tahunan sebaiknya dimulai pada bulan September atau sesegera mungkin setelah vaksin tersedia dan dilanjutkan semasa musim influenza, yaitu di bulan Desember, Januari dan sesudahnya. hal ini dikarenakan waktu dan durasi musim influenza dapat bervariasi. Jika wabah influenza terjadi di bulan Oktober, sebagian besar aktivitas penyakit ini akan mencapai puncaknya di bulan Januari atau sesudahnya.

Siapa saja yang sebaiknya mendapatkan vaksinasi?

Secara umum, siapa saja yang menginginkan berkurangnya resiko terpapar atau terinfeksi flu bisa mendapatkan vaksinasi. Namun demikian, direkomendasikan bahwa orang-orang tertentu sebaiknya menerima vaksinasi tiap tahun. Mereka adalah orang-orang yang berada dalam resiko tinggi untuk menderita komplikasi flu yang serius atau orang-orang yang hidup dengan atau merawat orang yang menderita komplikasi serius flu. Selama musim flu dimana suplai vaksin mungkin terbatas, vaksinasi direkomendasi berdasarkan grup prioritas.

Orang-orang yang sebaiknya mendapatkan vaksinasi flu setiap tahun antara lain:

1. Anak-anak berumur 6 bulan sampai ulang tahun ke 19
2. Wanita hamil
3. Orang yang berusia 50 tahun atau lebih
4. orang dengan umur berapapun dengan kondisi medis kronis
5. Orang yang hidup di panti jompo atau fasilitas perawatan jangka lama lain.
6. Orang yang hidup dengan atau merawat orang yang beresiko tinggi mengalami komplikasi flu, termasuk:
a. Pekerja kesehatan
b. Orang yang tinggal serumah dengan seseorang yang beresiko tinggi menderita komplikasi flu.
c. Orang yang tinggal serumah dan tidak serumah yang merawat anak- anak berusia kurang dari 6 bulan (anak-anak ini terlalu muda untuk divaksinasi)

Siapa saja yang sebaiknya tidak divaksinasi?


Ada beberapa orang yang sebaiknya tidak diberikan vaksin influenza kecuali dengan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Termasuk diantaranya
* Orang yang alergi berat terhadap telur ayam.
* Orang yang pernah mengalami reaksi alergi berat terhadap vaksin influenza.
* Orang yang menderita penyakit Guillain-Barré syndrome (GBS) dalam 6 minggu sebelum mendapatkan vaksinasi influenza.
* Anak-anak yang berusia kurang dari 6 bulan (vaksin influenza tidak diijinkan untuk kelompok umur ini), dan
* Orang yang menderita penyakit sedang sampai berat dengan gejala penyerta berupa demam (mereka harus menunggu sampai pulih baru boleh divaksinasi)

Efek samping vaksin



Efek samping yang berbeda dapat muncul sehubungan dengan penggunaan flu shot and LAIV.

Flu shot: virus-virus dalam flu shot telah dimatikan (diinaktivasi), jadi tidak akan menderita flu akibat vaksin ini. Beberapa efek samping minimal antara lain:

* Nyeri, kemerahan, atau bengkak di daerah dimana suntikan diberikan
* Demam (tidak tinggi)
* Nyeri badan

Jika gejala ini terjadi, biasanya dimulai segera setelah penyuntikan dan biasanya berlangsung selama 1 sampai 2 hari. Hampir semua orang yang menerima vaksin ini tidak mengalami masalah serius terhadapnya. Meskipun demikian, ada kejadian yang sangat jarang dimana orang mengalami masalah serius seperti reaksi alergi yang berat.
sumber: http://www.cdc.gov/flu/protect/keyfacts.htm

Read more...

Rabu, Februari 18, 2009

Asyiknya kecanggihan Teknologi

Teknologi, oh teknologi...Berkembang dengan sangat cepatnya. Mengalahkan pertumbuhan jamur di musim hujan. Atau mungkin malah sama dengan pertumbuhan bakteri di dalam inkubator. Yang terutama bikin gedeg-gedeg kepala adalah IT. Bayangkan saja dengan teknologi ini kita sekarang bisa melakukan banyak hal. Dari yang sederhana seperti; email, chatting, ikutan situs sosial, sampai ke yang agak sophisticated seperti; bikin website sendiri dan bikin uang dari website itu, atau bahkan ikutan bikin blog pribadi kaya orang-orang. Suatu hal yang beberapa tahun lalu sulit kita lakukan, bahkan mungkin kita bayangkan, sekarang menjadi terwujud dengan mudahnya.

Sebagai contoh, saya bisa bertemu dengan teman SD saya dulu secara tidak sengaja setelah browsing di FS. Suatu hal yang buat saya surprise sekali, karena saya sudah hampir 16 tahun tidak berjumpa dengannya. Mungkin jika didunia ini tidak pernah ditemukan internet, akan sangat sulit bagi kita melakukan hal-hal seperti itu. Mungkin, FS dan Facebook juga bisa digunakan polisi untuk menemukan jejak seorang bandit yang menjadi buronan (ngapain juga seorang bandit nekat banget ikutan bikin profile di FB or FS?)

Read more...

Minggu, Februari 01, 2009

Minum kopi, apa untung dan ruginya?

Seorang teman baru –baru ini bertanya kepada saya tentang perasaan anehnya setiap kali minum kopi atau teh. Dia merasakan selalu kebelet ingin pipis beberapa menit setelah minum teh atau kopi. Dia merasa kawatir kalau-kalau ini adalah gejala penyakit kencing manis, yang menurut informasi yang sering dia dapatkan salah satu gejalanya adalah banyak pipis atau buang air kecil (BAK). Saya manggut-manggut mendengar keluhannya, dan setelah dia selesai bercerita mulailah saya menjelaskan padanya tentang pengaruh kopi dan teh terhadap fungsi (fisiologi) tubuh manusia.


Kopi (yang jenisnya bermacam-macam ) dan teh (yang juga punya banyak saudara) adalah dua tanaman yang mengandung cafein. Kopi memiliki kandungan cafein di bijinya, sedangkan teh pada daunnya. Kadar cafein pada daun teh lebih tinggi (2%) daripada kadar dalam biji kopi (0.7-2 %). Satu lagi tanaman yang mengandung zat yang berefek mirip cafein adalah Cocoa atau coklat yang mengandung teobromin, tapi efeknya tidak sekuat cafein. Nah, senyawa cafein inilah yang memiliki efek meningkatkan diuresis (BAK) apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Cara kerjanya mirip dengan obat Tiazid (obat yang sering digunakan pada pengobatan tekanan darah tinggi). Caranya adalah dengan menghambat penyerapan kembali (reabsorpsi) elektrolit di tubuli proksimal maupun segmen dilusi tanpa disertai perubahan penyaringan di glomerulus ataupun aliran darah di ginjal.
Selain efek ini, efek lain yang justru sering diharapkan dari cafein sebenarnya adalah perangsangan Sistem saraf Pusat (SSP). Orang yang minum cafein akan merasakan tidak begitu mengantuk, berkurangnya rasa lelah, serta daya pikirnya lebih cepat dan jernih, tapi ada juga kekurangannya yaitu menurunnya kemampuan dalam pekerjaan yang memerlukan koordinasi otot halus (kerapihan), ketepatan waktu serta berhitung. Efek-efek seperti diatas akan muncul pada konsumsi cafein 85-250 mg (setara dengan 1-3 cangkir kopi). Nah, apa yang kira-kira akan terjadi jika dosis ini dilampaui? Jika dosis ini ditingkatkan, akan muncul gejala gugup, gelisah, gemetar, sampai kejang (jika dosisnya mencapai 1 g yang berarti kadarnya dalam plasma sekitar 10 ug/ml).
Bagaimana dengan pengaruh lain terhadap tubuh kita? Pada manusia, sudah lama diketahui bahwa cafein memiliki kemampuan untuk meningkatkan kapasitas kerja otot. Contoh nyata ada pada penelitian yang dilakukan terhadap pemain ski. Para pemain yang mengkonsumsi cafein dengan dosis 6 mg/kgBB ini, ternyata meningkat kerja fisiknya khususnya di dataran tinggi. Dalam kadar terapi, cafein juga memperbaiki kontraktilitas dan mengurangi kelelahan otot diafragma pada orang normal, maupun penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) sehingga dapat ikut berperan memperbaiki fungsi ventilasi dan mengurangi sesak nafas.
Efek yang merugikan dari cafein antara lain pada dosis sedang bisa menimbulkan perangsangan pengeluaran asam lambung yang berlangsung lama. Selain itu cafein juga dapat menyebabkan pembentukan tukak pada saluran cerna baik sebagai akibat dosis tunggal cafein yang tinggi atau pemberian dosis kecil secara berulang. Oleh karena itu , biasanya teh dan kopi akan menjadi minuman yang masuk dalam daftar ‘hitam’ bagi penderita tukak lambung dan tekanan darah tinggi.

Referensi :
Sunaryo, R,dr. Perangsang Susunan Saraf Pusat. dalam Farmakologi dan Terapi . Jakarta: FK UI edisi 4. 1995 hal 226-233
Read more...




Masukkan Code ini K1-8YYEAY-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

shout box

Comments

Last Posts

Followers

 

Copyright © 2009 by Memoar