Senin, Februari 23, 2009

KESEHATAN ADALAH INVESTASI - Anda setuju?

Kesehatan adalah salah satu investasi yg bernilai. Aset ini adalah salah satu aset yg paling berharga menurut saya. Kenapa begitu? Ada beberapa alasan menurut saya.


Alasan yg pertama adalah dengan kesehatan yg prima, kita dapat bekerja dengan baik dan optimal. Ini adalah aset yg sangat bernilai, sebagai contoh jika anda seorang akuntan suatu hari anda terserang flu saja, anda demam, bersin, pusing kepala, tidak dapat bekerja. Padahal, anda digaji dengan sistem penyelesaian pekerjaan dengan tenggat waktu. Apa jadinya? Ya, pekerjaan anda akan terbengkalai, dan uang gaji anda kemungkinan melayang. Ini mungkin tidak berlaku bagi anda yg digaji tetap setiap bulannya. Apalagi PNS, yg walaupun tidak masuk kerja karena sakit, gaji tetap akan dibayar.

Alasan yg kedua, adalah betapa besar biaya yg harus dikeluarkan ketika kita sakit. Biaya pemeriksaan, obat, tindakan sudah sangat meningkat akhir-akhir ini. Kita akan lebih ngeri lagi jika membayangkan biaya untuk operasi, dan bahkan sampai tindakan medis yg bersifat kronis seperti Hemodialisa atau cuci darah dan transplantasi atau cangkok organ.

Alasan yg ketiga, adalah sakit adalah sesuatu yg dapat menghabiskan aset kita. Tidak jarang kita melihat bagaimana seseorang yg mengalami sakit kronis harus kehilangan perhiasan, mobil, bahkan rumahnya untuk biaya berobat.

Alasan yg keempat, jika kita sehat, akan lebih mudah juga untuk mengajak orang lain untuk ikut sehat. Kampanye kesehatan akan sulit dilakukan jika seseorang justru menderita sakit. Tapi jika anda sehat dan bugar, tentunya akan lebih mudah untuk mengajak orang lain untuk mengikuti gaya hidup sehat dan bugar seperti anda.

Alasan yg kelima menurut saya adalah biaya investasi untuk sehat lebih murah daripada biaya untuk sakit. Sebagai contoh, perbandingan biaya untuk membeli sebungkus rokok, dengan satu kilogram sayuran segar. Satu kilogram bayam jelas lebih murah dan lebih menyehatkan daripada sebungkus rokok bukan? Contoh lain, satu porsi makanan junk food dengan segelas jus buah, jelas akan lebih murah segelas jus buah (kecuali kalau anda membelinya di sebuah hotel berbintang 5 akan lain ceritanya). Contoh lain adalah perbandingan antara satu botol minuman keras beralkohol dengan joging selama 30 menit 3 kali seminggu, mana lebih murah? Silahkan anda bandingkan sendiri. Dan tentunya masih banyak perbandingan lain yg bisa kita sebutkan.

Nah, itu tadi beberapa alasan mengapa kesehatan adalah suatu investasi yg sangat bernilai menurut saya? anda setuju> atau punya pendapat lain? silahkan, komentarnya saya tunggu

4 komentar:

  1. Kesehatan Sangat Mahal Hargannya dan siapa yang mau beli?

    BalasHapus
  2. @ mas Torik, betul mas, kemarin lihat TV atau CNN ya (lupa) harga operasi cangkok ginjal sekarang paling murah 30.000 USD (sekitar 333 juta) di Cina. Jadi ya memang kesehatan itu mahal...

    BalasHapus
  3. Kita sering mengeluh kekurangan uang, padahal kita lupa kalau kita harus bersyukur krn jarang sakit. Itu kan sama saja kita mempunyai aset yang sangat mahal yg tdk bisa diukur dg uang...Anda setuju?

    BalasHapus
  4. iya mmg kesehatan itu mahal. lbh baik mencegah drpd mengobati

    BalasHapus