Sabtu, November 09, 2013

Sindroma terowongan karpal (Carpal Tunnel Syndrome)

Seorang wanita muda, usia 36 th bekerja sebagai seorang sekretaris di sebuah firma hukum mendatangi klinik saraf di sebuah rumah sakit di Surabaya. "Pergelangan tangan kanan saya sering terasa sakit", ujarnya. "Dan jika sakitnya kambuh, ada rasa seperti kesemutan yang menjalar dari pergelangan tangan ke telapak tangan", tambahnya. Gejala apakah ini? Dan dapatkah gejala penyakit ini dihilangkan / disembuhkan? Gejala yang disebutkan wanita dalam ilustrasi diatas seringkali dialami oleh wanita-wanita di seluruh dunia. Utamanya wanita yang bekerja dan banyak menggunakan pergelangan tangan yang terus bergerak berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama. Atau bisa juga diakibatkan posisi pergelangan tangan yang salah pada waktu bekerja. Gejala ini disebut Sindroma terowongan karpal/ Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

Jepitan saraf Medianus yang menyebabkan CTS
Apakah sindroma terowongan karpal (CTS) itu? Sindroma terowongan karpal (CTS) adalah suatu sindroma yang disebabkan terjepinya saraf Medianus yang berjalan di dalam sebuah terowongan sempit di pergelangan tangan kita yang disebut terowongan karpal. Terowongan karpal ini adalah terowongan sempit yang dinding bawah dan sampingnya dibatasi oleh tulang-tulang karpal, dan atapnya ditutupi oleh suatu ligamentum yang dinamai ligamentum karpi transversum atau disebut juga retinakulum fleksorum. Apa sajakah gejala dari sindroma terowongan karpal itu? Gejala sindroma terowongan karpal yang tersering adalah rasa pegal dan atau nyeri, atau mungkin juga kesemutan. Rasa ini timbul didaerah pergelangan tangan, disertai dengan rasa kesemutan atau rasa tebal didaerah distribusi persarafan saraf medianus yang meliputi ibu jari, jari telunjuk, jari tengah dan separuh jari manis pada sisi telapak tangan dan ujung-ujung jari telunjuk, jari tengah, dan separuh jari manis pada sisi punggung telapak tangan.
Rasa nyeri ataupun pegal dirasakan terutama di malam hari, dan orang yang mengalami sindroma ini akan segera merasakan nyeri di pergelangan tangannya membaik apabila pergelangan tangannya dikibaskan (flick sign). Apakah penyebab dari sindroma ini? Penyebab sindroma ini dapat berupa pekerjaan yang menggunakan tangan dan pergerakan dari pergelangan tangan yang berlebihan (repetitif use). Selain itu juga dapat disebabkan karena posisi tangan yang salah ketika bekerja (mengetik dengan sudut pergelangan tangan yang salah misalnya). Kedua hal ini apabila dilakukan dalam jangka waktu lama dan berulang- ulang dapat menimbulkan gejala CTS. Hal lain yang juga berhubungan dengan sindroma ini antara lain adalah kehamilan, penyakit Diabetes melitus atau kencing manis, tumor atau benjolan di terowongan karpal, serta hipotiroidisme. Apa yang harus saya lakukan untuk mengetahui apakah saya benar mengalami CTS? Segeralah datang ke dokter untuk berkonsultasi tentang masalah yang dialami. Dokter biasanya akan melakukan wawancara singkat untuk mencari riwayat penyakit yang sudah dialami dan menilai seberapa berat gejala CTS yang dialami. Selain itu dokter juga akan melakukan beberapa macam pemeriksaan seperti tes phallen, tes tinnel, dan mungkin juga menyarankan melakukan pemeriksaan elektromyografi/ EMG.
tes Phallen Terapi apakah yang dapat menyembuhkan gejala ini? Pengobatan terhadap kelainan CTS ini bergantung kepada seberapa berat/ derajat keparahan dari CTS yang dialami. Pada CTS yang ringan, sangat disarankan menggunakan splint atau alat pelindung gerak. Alat ini berfungsi mengurangi gerak fleksi atau menekuk pada pergelangan tangan sehingga dapat mencegah perburukan gejala. Penggunaan alat ini juga dapat menurunkan rasa nyeri/ pegal. Splint terutama disarankan dipakai di malam hari saat istirahat.
Pengobatan dapat berupa pemberian steroid dosis tinggi secara oral/ diminum, steroid yang disuntikkan ke dalam terowongan karpal, pengobatan dengan diuretik, atau perendaman dalam air hangat dan dingin secara bergantian (terapi fisik). Apabila cara diatas masih belum dapat mengatasi gejala nyeri yang ditimbulkan, dapat pula dilakukan terapi bedah dengan cara merobek ligamentum carpi transversum untuk melepas jeratan/ jepitan saraf medianus.
Read more...

Kamis, September 13, 2012

Sakit kepala jangan disepelekan


Sakit kepala, semua orang pernah mengalaminya. Ketika stres kita sakit kepala, sewaktu marah kita sakit kepala, ketika demam juga seringkali disertai sakit kepala. Ada banyak hal yang menjadi penyebab sakit kepala sehingga seringkali sulit membedakan mana sakit kepala yang harus diperiksakan ke dokter dan mana yang hanya perlu minum obat pereda nyeri kepala saja.

Bagaimana membedakan sakit kepala yang tidak berbahaya dengan yang berbahaya? Ada beberapa cara untuk membedakannya.
1. Perhatikan awal mula sakitnya
Jika awitan/ mula sakit kepala mendadak, dan sangat hebat sehingga anda sampai mengatakan "Tidak pernah sakit yang seperti ini!". Mungkin sakit kepalanya adalah yang membutuhkan pemeriksaan dokter. Sakit kepala yang ringan, dipicu oleh stressor seperti deadline di tempat kerja, mau ujian, sedang konflik dengan pacar/ pasangan kemungkinan besar sakit kepala yang tidak berbahaya dan akan hilang seirng selesainya masalah.
2. Perhatikan Lokasi Sakit kepala
Sakit kepala yang hanya di salah satu sisi saja kiri atau kanan dan tidak berpindah kemungkinan adalah suatu migraine. Sakit yang dirasakan dari depan hingga belakang kepala seperti diikat mungkin adalah suatu tension type headache yang biasanya sering berhubungan dengan stres. Sakit yang hanya dirasakan di depan kepala saja atau di belakang saja mungkin adalah sakit kepala akibat tumor otak
3. Perhatikan pola sakitnya
Sakit kepala yang dirasakan seperti kepala yang berat, seperti terikat kemungkinan adalah suatu tension type headache yang ringan. Sakit yang berdenyut di salah satu sisi kepala mungkin adalah suatu migren. Sakit kepala yang awalnya ringan kemudian memberat seiring bertambahnya waktu, dan disertai dengan perubahan perilaku, sering lupa, gangguan penglihatan, gangguan lapang pandang, gangguan penciuman, gangguan pendengaran, kejang, lemah separuh badan, mungkin adalah gejala tumor otak, segeralah memeriksakan diri ke dokter saraf/neurolog

Hal-hal tadi adalah beberapa patokan yang bisa dijadikan sarana membedakan sakit kepala yang ringan dan sakit kepala yang berat dan membutuhkan konsultasi dokter. Kebanyakan nyeri kepala adalah nyeri kepala yang ringan. Namun anda sekarang bisa mencermati gejala nyeri kepala yang tidak bisa disepelekan dengan lebih perhatian dengan keadaan diri anda dan mencatat gejala sakit yang anda alami. Salam sehat
Read more...

Sabtu, Mei 05, 2012

Mobil terbang bukan lagi impian?

Mobil sudah menjadi kendaraan yang biasa di jaman modern ini. Mobil-mobil model terbaru terus bermunculan. Teknologinya pun semakin maju. Namun demikian, impian mobil terbang seperti di film-film futuristik Hollywood tampaknya akan semakin dekat dengan kenyataan The Terrafugia transition diperkenalkan pada The 2012 New York International Autoshow pada 5 April 2012 lalu sebagai mobil terbang. Mobil ini dapat berfungsi sebagai mobil biasa di jalanan sekaligus dapat pula berubah menjadi pesawat yang legal untuk terbang.
Read more...

Rabu, Mei 02, 2012

Vertigo, kemana saya harus memeriksakan diri?

Vertigo adalah keluhan yang sering dialami oleh sebagian masyarakat. Gejalanya berupa rasa berputar, baik penderitanya yang merasa berputar atau dapat pula penderita merasakan lingkungan sekitarnya yang berputar. Vertigo juga dapat bermakna hilangnya keseimbangan, yang gejalanya seperti gejala yang timbul pada mabuk gerakan (motion sickness).

Keluhan vertigo sebenarnya adalah suatu gejala. Artinya, kalau seseorang merasakan keluhan vertigo, sebenarnya ada suatu penyakit yang mendasari keluhan tersebut. Jadi, kurang tepat jika ada seseorang yang mengatakan, "Saya sakit vertigo".
Read more...

Minggu, April 01, 2012

Nyeri punggung bawah / Low back pain (bagian 1)

Nyeri punggung bawah  bukanlah suatu jenis penyakit, melainkan merupakan gejala yang mungkin terjadi akibat berbagai proses penyakit yang berbeda. Pada 85% orang dengan nyeri punggung bawah, tidak ada penyebab spesifik nyeri dapat diidentifikasi meskipun telah dilakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh. Bab ini akan meninjau banyak penyebab nyeri punggung dan evaluasi yang tepat dan diagnosis. Pastikan untuk membahas gejala individu Anda serta pengobatan yang disarankan dengan dokter  anda untuk menentukan rencana diagnostik dan pengobatan yang tepat untuk situasi anda.
Read more...

Kamis, Januari 12, 2012

BERTANAM CABE

BERTANAM CABAI
Bertanam cabe adalah salah satu hobi yang bisa kita lakukan di musim hujan ini. Karena masih dalam musim hujan, dan kalau menanam sesuatu kok sepertinya gampang tumbuh, maka saya iseng-iseng pengen mengisi halaman saya dengan tanaman cabai atau kadang disebut juga cabe. Kenapa kok cabai? ndak ada alasan khusus. Tanaman ini gampang aja tumbuhnya, selain itu istri saya juga suka makanan pedas. Jadi kalau punya tanaman cabai sendiri di rumah kan jadi agak hemat gak perlu beli ke pasar? he he


Setelah browsing kesana kemari, saya belajar banyak gimana caranya bertanam cabe dan merawat tanaman cabai ini. Ternyata membuat tanaman ini tumbuh suatu hal yang gampang, ngerawat dan membuat dia berbuah cepat dan optimal sulit juga. Tapi belajar dari salah satu web ini bikin saya lumayan melek berbudidaya tanaman cabai walaupun kecil-kecilan di halaman rumah. So, tunggu apalagi? ayo bertanam cabe?
Read more...

Rabu, Desember 14, 2011

Ke Solo :: Kota Wisata...


Setelah lama enggak posting, ada rasa kangen pengen menuangkan ide ke blog (halah). Iya bener, sudah lebih dari setahun sejak terakhir saya mengupdate artikel di blog saya. mungkin kalo dianggap barang, blog ini sudah jamuran. Tapi sudahlah, daripada ngebahas masalah jamur di blog mendingan saya cerita tentang jalan-jalan ke kota Solo.



Jadi, semenjak punya anak dan ngelanjutkan sekolah di tempat yang jauh dari keluarga, setiap minggu saya punya "kewajiban" baru buat anak sama istri saya. Kewajiban itu adalah ngajak anak istri jalan-jalan, sebagai pelunasan hutang karena 5 hari dalam seminggu saya ndak bisa bersama mereka dan baru bisa pulang di akhir minggu. Akhirnya, beberapa bulan yang lalu kewajiban itu saya tebus dengan ngajak anak dan istri saya jalan-jalan ke kota Solo.

Solo ini adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang sekarang lagi genit-genitnya memoles diri. Karena gencarnya sang pemimpin kota Solo me- "Make Up" kotanya, sekarang Solo bak Putri Endonesia yang menor dan mengundang perhatian. Tidak saja orang Endonesia yang pada kagum, bahkan orang asing juga pada heran, kok bisa kota Solo yang tahun 98 banyak gedung dibakar akibat kerusuhan massa sekarang jadi kayak Paris di Perancis atau Canberra di Australia? Polesan-polesan itu tidak hanya dari slogannya yang biasanya standar dalam negeri kayak; BERIMAN, BERHATI NYAMAN, BERSINAR, atau BERAWAN (prakiraan cuaca kalee?) sekarang diganti dengan sangat elegan; SPIRIT OF JAVA. Munculnya taman-taman yang bener-bener asik buat jadi tempat nongkrong, pasar-pasarnya yang dibangun lebih eksotis dan tertata, tidak ketinggalan juga banyaknya acara- acara festival seni dan olahraga berkaliber nasional dan Internasional digelar di kota ini lebih membuat Solo jadi berbeda. Satu hal lagi, sistem transportasinya, Solo ternyata gak mau kalah dengan Jakarta, kota ini juga punya sistem transportasi mirip Busway alias TransJakarta, yang di Solo dikasih nama cukup marketable ; SOLO BATIK TRANS.

Gak cukup itu, khusus buat curis-curis (sengaja saya buat seperti itu untuk lebih mengentalkan aksen Inggris) yang mau keliling kota Solo, Juga disediakan transportasi wisata berupa bus bertingkat yang konon adalah satu-satunya bus tingkat di Endonesia ini. Namanya juga gagah; BUS WREKUDARA.

Bus Werkudara ini adalah bus wisata yang 100 % karoserinya dibuat di Endonesia, begitu klaim dinas perhubungan yang mengelola alat transportasi ini. Dalam seminggu hanya beroperasi di hari Minggu, dan dalam satu hari hanya melayani 2 kali perjalanan PP masing-masing jam 9.00 - 12.00 dan jam 12.30 - 15.30. Dengan hanya membayar Rp 20.000,00 saja per penumpang curis-curis akan diajak berkeliling kota Solo mulai dari Stadion Manahan di pusat kota Solo, sampai ke Taman jurug di ujung timur kota. Para curis akan dikasih kesempatan untuk duduk diatas maupun di bawah bus tingkat ini. Satu yang istimewa, karena ketinggian yang tak lazim dari bus ini, sewaktu berada diatas, berhati-hatilah dengan dahan-dahan rindang yang ada di pinggir jalan, karena dahan-dahan itu nggak jarang bisa menyabet penumpang dan mengakibatkan cedera serius (kayak pemain bola aja).

Buat para curis yang pengen menikmati model transportasi jaman baheula, bisa memilih yang satu ini. Tampangnya gagah,warnanya hitam legam dan bahan bakarnya juga elite; kayu jati. Khas dengan uap yang mengepul dari cerobongnya, kereta ini dibuat di Jerman th 1896, dan pernah jadi alat transportasi penting di masa pemerintahan kolonial sebelum akhirnya sempat dimuseumkan di Ambarawa. Tapi oleh pemerintahan Pak Joko Widodo, kereta ini "dibangkitkan" dari kubur, dan diusung ke kota Solo dan diberi nama keren; SEPUR KLUTHUK JALADARA. Buat anda yang pengen ngerasain gimana rasanya jadi Sinyo-sinyo sinder tebu jaman Belanda, anda bisa mencoba naik kereta ini dengan hanya merogoh kocek Rp 100.000, 00 buat sekali jalan yang kira-kira jarak tempuhnya 5 Km.
Read more...




Masukkan Code ini K1-8YYEAY-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

shout box

Comments

Last Posts

Followers

 

Copyright © 2009 by Memoar