Minggu, April 01, 2012

Nyeri punggung bawah / Low back pain (bagian 1)

Nyeri punggung bawah  bukanlah suatu jenis penyakit, melainkan merupakan gejala yang mungkin terjadi akibat berbagai proses penyakit yang berbeda. Pada 85% orang dengan nyeri punggung bawah, tidak ada penyebab spesifik nyeri dapat diidentifikasi meskipun telah dilakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh. Bab ini akan meninjau banyak penyebab nyeri punggung dan evaluasi yang tepat dan diagnosis. Pastikan untuk membahas gejala individu Anda serta pengobatan yang disarankan dengan dokter  anda untuk menentukan rencana diagnostik dan pengobatan yang tepat untuk situasi anda.

Untuk 90% orang, bahkan mereka dengan iritasi akar saraf, gejala akan membaik dalam dua bulan tidak peduli apa pengobatan yang digunakan, bahkan jika tidak ada perawatan yang diberikan. Dokter biasanya merujuk sakit punggung sebagai akut jika telah terjadi selama kurang dari sebulan dan kronis jika berlangsung untuk jangka waktu yang lebih lama.




Penyebab umum dari sakit punggung meliputi ; penyakit atau cedera pada otot, tulang, dan / atau saraf tulang belakang. Nyeri yang timbul dari kelainan organ dalam perut, panggul, atau dada juga dapat dirasakan di belakang. Hal ini disebut nyeri alih. Banyak gangguan dalam perut, seperti usus buntu, aneurisma, penyakit ginjal, infeksi ginjal, infeksi kandung kemih, infeksi panggul, dan gangguan ovarium, antara lain, dapat menyebabkan nyeri alih ke belakang. Kehamilan normal bisa menyebabkan nyeri punggung akibat banyak hal, termasuk peregangan ligamen di dalam panggul, iritasi saraf, dan regangan otot punggung bagian bawah. Dokter anda akan memikirkan ini ketika mengevaluasi rasa sakit anda.

Sindrom akar saraf adalah penyakit-penyakit yang menunjukkan  gejala penjepitan saraf (saraf secara langsung  teriritasi), sering hal ini terjadi karena herniasi (penonjolan) dari diskus antara tulang punggung bawah. Sciatica adalah contoh dari penjepitan akar saraf. Rasa sakit akibat jepitan saraf cenderung tajam, mempengaruhi area tertentu, dan terkait dengan mati rasa di daerah kaki yang dipersarafi saraf yang terkena.

Hernia diskus berkembang sebagai  diskus (suatu tulang rawan penghubung antara dua ruas tulang belakang) yang mengalami degenerasi atau menipis. Diskus intervertebralis mulai merosot pada dekade ketiga kehidupan. Bagian tengah dari diskus ini konsistensinya seperti selai dan dari rongga pusat diskus ini dapat menonjol keluar dan menekan akar saraf.. Penonjolan tulang yang ditemukan dalam satu-sepertiga orang dewasa yang lebih tua dari 20 tahun. Kejadian ini hanya 3% dari seluruh kejadian nyeri punggung bawah, namun demikian, menghasilkan gejala penjepitan saraf.

Spondylosis terjadi akibat diskus intervertebralis kehilangan kelembaban dan volume seiring dengan usia, yang menurunkan ketinggian disk. Bahkan trauma ringan pada keadaan ini dapat menyebabkan peradangan dan jepitan akar saraf, yang dapat menghasilkan nyeri panggul klasik tanpa pecahnya  diskus.


Degenerasi diskus tulang belakang ditambah dengan penyakit pada sendi punggung bawah dapat menyebabkan penyempitan kanal tulang belakang (stenosis tulang belakang). Perubahan-perubahan dalam diskus  dan sendi menimbulkan gejala yang dapat dilihat pada sinar-X. Seseorang dengan stenosis tulang belakang mungkin mengalami rasa sakit menjalar ke kedua ekstremitas bawah sewaktu berdiri untuk waktu yang lama atau bahkan berjalan untuk jarak yang pendek. 

Sumber : emedicinehealth.com (dengan penyesuaian)

5 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  2. Artikel yang bermanfaat dan menarik, terimakasih banyak.

    BalasHapus
  3. salah satu terapi untuk Low Back Pain adalah menggunakan korset lumbal. penggunan korset lumbal sebenarnya hanya untuk membantu percepatan penyembuhan karena terapi. bila terapi tidak dijalankan ya korset lumbal hanya berguna untuk memberikan support pada punggung supaya beban pungung tidak berlebihan. semuanya harus saling melengkapi untuk memberikan hasil yang maksimal.

    BalasHapus
  4. Nice Post Gan.

    Visit.
    Situs BOKEP 2016 => BOKEP INDO BARAT
    ----------------------------
    http://jiLmek.wapka.me

    BalasHapus

 

Copyright © 2009 by Memoar