Rabu, Mei 02, 2012

Vertigo, kemana saya harus memeriksakan diri?

Vertigo adalah keluhan yang sering dialami oleh sebagian masyarakat. Gejalanya berupa rasa berputar, baik penderitanya yang merasa berputar atau dapat pula penderita merasakan lingkungan sekitarnya yang berputar. Vertigo juga dapat bermakna hilangnya keseimbangan, yang gejalanya seperti gejala yang timbul pada mabuk gerakan (motion sickness).

Keluhan vertigo sebenarnya adalah suatu gejala. Artinya, kalau seseorang merasakan keluhan vertigo, sebenarnya ada suatu penyakit yang mendasari keluhan tersebut. Jadi, kurang tepat jika ada seseorang yang mengatakan, "Saya sakit vertigo".


Penyebab vertigo dapat banyak hal, karena itu mendiagnosis dasar penyakitnya juga bukan suatu hal yang mudah. Dan diagnosis yang tepat sangat menentukan keberhasilan terapi vertigo. Sebagai patokan sederhana, vertigo berdasarkan penyebabnya dapat dibedakan menjadi central dan perifer. Central maksudnya, keluhan vertigo disebabkan oleh penyakit yang berasal dari otak, otak kecil atau pusat saraf keseimbangan di batang otak. Sedangkan perifer artinya sumber kelainan terdapat di alat keseimbangan yang letaknya di telinga.

Lalu bagaimana membedakan keluhan vertigo yang central dengan yang perifer?

Vertigo central :
1. Keluhan vertigo biasanya ringan
2. Keluhan berlangsung lama (berjam-jam atau bahkan sepanjang hari)
3. Sering disertai gejala lain seperti kesemutan/kebas separuh badan, pelo
4. Nystagmus/gerak bola mata yang muncul pada pemeriksaan berupa rotatoar (berputar) atau ke atas.

Vertigo perifer :
1. Keluhan vertigo biasanya sedang sampai berat (muter sekali)
2. Keluhan berlangsung hanya beberapa detik atau beberapa menit
3. Disertai gejala otonom; mual, muntah, keringat dingin, pucat
4. Disertai gejala telinga; telinga berdenging, terasa penuh, gangguan/ penurunan pendengaran
5. Nystagmus pada pemeriksaan berupa horizontal (ke kiri atau ke kanan)

Lalu, kemana sebaiknya anda memeriksakan diri jika mengalami gejala vertigo? Sebaiknya anda memeriksakan diri ke seorang dokter, atau seorang dokter ahli saraf. Dokter akan melakukan pemeriksaan meliputi; pengambilan riwayat medis, pemeriksaan umum, pemeriksaan fungsi saraf, dan jika diperlukan melakukan pemeriksaan tambahan seperti audiometri, CT-Scan, Angiografi, atau MRI. Namun pemeriksaan tambahan ini sebaiknya dilakukan atas saran dokter karena harga pemeriksaannya yang sangat mahal sehingga sayang jika anda harus mengeluarkan uang yang banyak namun hasil yang didapat tidak membantu menemukan diagnosis penyakitnya. Semoga artikel ini membantu anda yang sedang terkena masalah vertigo.

4 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus
  2. Mama ku vertigo, sy bawa ke dokter saraf, di diagnosa vertigo perifer yg disebabkan adanya gangguan di telinga dalam. Tapi obatnya habis mama msh sering pusing. Dimana sebaiknya sy bawa mama berobat? Ke dokter tht atau melanjutkan pengobatannya didokter ahli saraf? Tlg bantuannya.

    BalasHapus
  3. Ak mlah pnya vertigo jenis nstagmus udah berobat sana sini blm ada hasile
    ...mohon bisa bantu informasi pengobatan???

    BalasHapus
  4. Nice Post Gan.

    Visit.
    Situs BOKEP 2016 => BOKEP INDO BARAT
    ----------------------------
    http://jiLmek.wapka.me

    BalasHapus

 

Copyright © 2009 by Memoar