Mungkin suatu hari kita pernah bertanya:"Mengapa ada orang yang lebih sukses dari orang lain, sementara yang lain hidup biasa-biasa saja?"
Menurut wikipedia sukses berarti namun tidak terbatas pada:
1.Tingkat dari status sosial
2.Pencapaian suatu tujuan/sasaran
3.Kebalikan dari kegagalan
4.Keberhasilan
Kita tentu meyakini bahwa kebanyakan sukses di dunia ini diraih dengan kerja keras dan upaya yang luar biasa untuk menggapai kesuksesan. Semua orang berhak dan memiliki kemampuan untuk sukses, asalkan kita mau berusaha keras untuk menggapai kesuksesan itu. Menurut Bryan Tracy, seorang motivator pengembangan puncak dan kinerja individual, ada beberapa prinsip penting yang harus dilakukan untuk mencapai sukses mari kita simak penuturan beliau:
Hukum sebab akibat
Hukum ini mengatakan bahwa untuk setiap sebab ada akibat. Segala sesuatu terjadi karena suatu sebab. Tidak ada yang terjadi karena kebetulan. Ini adalah salah satu prinsip kesuksesan yang terpenting. jika anda melakukan apa yang dilakukan orang yang telah sukses maka pada akhirnya anda akan mendapatkan hasil yang sama dengan apa yang mereka dapatkan. Sebaliknya, jika anda tidak melakukannya maka anda tidak akan mendapatkannya.
Anda dapat belajar segala hal
Pada setiap pekerjaan dan dalam setiap situasi, cobalah untuk bertanya sebelum memulai dengan satu pertanyaan:"Apakah hukum atau prinsip kesuksesan dalam bdang ini?" Kemudian bertanyalah kepada orang yang telah sukses dalam bidang itu, bacalah buku dalam bidang itu atau ikutilah seminar atau pelatihan dalam bidang itu. Semua orang dapat meraih sukses asalkan mereka mau membayar harganya yaitu merendahkan hati untuk mau belajar dari orang yang telah sukses.
Kekuatan dari keyakinan
Hukum keyakinan mengatakan bahwa: "Apapun yang Anda yakini dengan sepenuh hati akan menjadi keyakinan bagi anda" Salah satu hal terpenting yang harus anda ambil dalam mengembangkan kebiasaan menuju sukses adalah mengatasi keyakinan yang membatasi diri anda. Anda dapat memulai proses ini dengan membayangkan bahwa anda tidak memiliki keterbatasan sama sekali, dengan cara membayangkan seperti ini anda akan melatih otak anda untuk berpikir bahwa anda dapat melakukan apapun yang anda masukkan ke dalam otak. Pada khirnya anda akan menemukan cara untuk menjadikan keyakinan itu sebuah kenyataan. Hasilnya seluruh kehidupan anda akan berubah
Selasa, Maret 16, 2010
Senin, Maret 15, 2010
Bikin Blog Jadi Cepat Terkenal
Punya blog yang cepat jadi terkenal adalah impian setiap blogger. Namun ternyata membuat blog yang bisa terkenal dan menyita perhatian publik tidaklah gampang. Membuat web blog atau yang lebih dikenal dengan blog, bagi sebagian orang adalah sesuatu yang mudah. Namun hal yang lebih sulit adalah bagaimana caranya membuat blog anda terindeks di mesin pencari (search engine) besar seperti Google dan Yahoo. Karena akan menjadi suatu hal yang sia-sia jika anda sudah susah-susah membuat blog, lengkap dengan setting templatenya serta konten (isi) yang padat berisi namun ketika mencoba mengetikkan alamat di search engine, ternyata nama blog anda tidak terindeks disana. Tips-tips ini mungkin berguna bagi anda yang ingin menindekskan blog atau website anda ke search engine besar seperti Google atau Yahoo
Caranya, yang utama anda harus melakukan natural listing. Artinya, setelah selesai membuat blog dan kontennya, anda harus mendaftarkan blog anda ke search engine. Anda dapat pergi ke Website-website berikut ini :
Google di http://www.google.com/addurl
Yahoo di http://wwwsearch.yahoo.com/info/submit.html
MSN di http://beta.search.msn.com/docs/submit.aspx
Dmoz di http://www.dmoz.org/add.html
Sebelum mendaftarkan website anda pada salah satu search engine diatas, ada beberapa syarat yang sebaiknya anda miliki diantaranya:
1. Website Anda harus mengandung unsur text. Hal ini dikarenakan teknologi yang dimiliki search engine saat ini tidak dapat membaca file flash. Text-text yang terdapat dalam blog anda akan disimpan di dalam database search engine tersebut. Sehingga akan muncul pada pencarian dengan kata kunci yang relevan dengan isinya
2. Anda juga dapat menggunakan auto web submit. Salah satu yang terkenal adalah mypagerank. Layanan ini akan memudahkan kita mendaftarkan blog ke beberapa Search engine besar. Anda dapat mengunjungi situsnya di :
http://www.mypagerank.net/service enginessubmit index.
3. Komentar Sebagai Promosi. Sering-seringlah melakukan blogwalking istilah untuk melihat-lihat blog orang lain. Dan berilah komentar apapun yang positif pada blog lain, isi juga buku tamu atau online chat jika memang ada. yang penting, berikan komentar berbobot sesuai dengan topik yang ada. Ada suatu hukum tidak tertulis di dunia blog, jika kita sering berkunjung dan meninggalkan komentar di blog orang lain, maka blog kita pun akan sering pula dikunjungi dan diberi komentar orang lain. Jangan melakukan spam. Termasuk spam diantaranya adalah: "Kunjungi Blog saya dong" atau "Silahkan mampir ke blog saya di:" cara seperti ini kurang baik dan mungkin mengganggu pemilik blog yang kita kunjungi
Caranya, yang utama anda harus melakukan natural listing. Artinya, setelah selesai membuat blog dan kontennya, anda harus mendaftarkan blog anda ke search engine. Anda dapat pergi ke Website-website berikut ini :
Google di http://www.google.com/addurl
Yahoo di http://wwwsearch.yahoo.com/info/submit.html
MSN di http://beta.search.msn.com/docs/submit.aspx
Dmoz di http://www.dmoz.org/add.html
Sebelum mendaftarkan website anda pada salah satu search engine diatas, ada beberapa syarat yang sebaiknya anda miliki diantaranya:
1. Website Anda harus mengandung unsur text. Hal ini dikarenakan teknologi yang dimiliki search engine saat ini tidak dapat membaca file flash. Text-text yang terdapat dalam blog anda akan disimpan di dalam database search engine tersebut. Sehingga akan muncul pada pencarian dengan kata kunci yang relevan dengan isinya
2. Anda juga dapat menggunakan auto web submit. Salah satu yang terkenal adalah mypagerank. Layanan ini akan memudahkan kita mendaftarkan blog ke beberapa Search engine besar. Anda dapat mengunjungi situsnya di :
http://www.mypagerank.net/service enginessubmit index.
3. Komentar Sebagai Promosi. Sering-seringlah melakukan blogwalking istilah untuk melihat-lihat blog orang lain. Dan berilah komentar apapun yang positif pada blog lain, isi juga buku tamu atau online chat jika memang ada. yang penting, berikan komentar berbobot sesuai dengan topik yang ada. Ada suatu hukum tidak tertulis di dunia blog, jika kita sering berkunjung dan meninggalkan komentar di blog orang lain, maka blog kita pun akan sering pula dikunjungi dan diberi komentar orang lain. Jangan melakukan spam. Termasuk spam diantaranya adalah: "Kunjungi Blog saya dong" atau "Silahkan mampir ke blog saya di:" cara seperti ini kurang baik dan mungkin mengganggu pemilik blog yang kita kunjungi
Selasa, Desember 22, 2009
Materi Kuliah Fisiologi Akbid 2
Masih berbicara seputar materi kuliah fisiologi untuk siswa kebidanan, kali ini saya menampilkan untuk anda materi fisiologi untuk siswa bidan dalam format PPT alias power point.
Materi ini saya buat untuksiswi-siswi akbid Giri Satria Husada (GSH) Wonogiri tempat saya mengajar, tapi ndak menutup kemungkinan bagi anda yang memerlukan dapat pula ikut mendownload materi kuliah ini.
Untukkuliah neuroendokrin dan hipothalamus bisa di download disini
Untuk materi kuliah Metabolisme dapat di download disini
Sedangkan untuk materi kuliah Panas tubuh dan pengaturan suhu tubuh bisa di download disini
Materi ini saya buat untuk
Untuk
Untuk materi kuliah Metabolisme dapat di download disini
Sedangkan untuk materi kuliah Panas tubuh dan pengaturan suhu tubuh bisa di download disini
Minggu, Desember 20, 2009
Materi Kuliah kebidanan
Siswi-siswi Kebidanan di tempat saya mengajar dalam beberapa minggu ke depan akan menghadapi ujian mid semester yang tentu saja bermakna bagi mereka karena nilainya akan menjadi salah satu penentu nilai akhir. Untuk itu mereka harus mendapatkan bahan dan materi kuliah yang saya ampu sejak dari sekarang sehingga dapat belajar dengan baik. nah, adik-adik mahasiswi silahkan anda download materi kuliah saya disini untuk materi yang lain bisa dilihat di bawah
Untuk materi keseimbangan Asam Basa dapat diunduh disini
Sedangkan materi keseimbangan cairan dan Elektrolit, dapat diunduh disini
Untuk materi keseimbangan Asam Basa dapat diunduh disini
Sedangkan materi keseimbangan cairan dan Elektrolit, dapat diunduh disini
Jumat, Desember 18, 2009
Teknologi pembelajaran, dahulu dan sekarang
Teknologi pembelajaran pada masa kini sudah sangat berbeda dengan di masa lalu. Saya sering membandingkan antara proses belajar yang saya alami dulu - ketika masa sekolah dan kuliah - dengan proses belajar yang bisa dijalani anak-anak pada masa sekarang. Dari pemikiran saya nampak jelas beberapa perbedaan mendasar; mulai dari fasilitas, teknologi, sampai ilmu belajarpun sekarang sudah sangat maju dibandingkan era saya dulu.
Jika kita melihat fasilitas, kita akan melihat bahwa pada masa sekarang fasilitas yang tersedia untuk membantu proses belajar sudah sangat beragam dan maju. Sebut saja berbagai alat bantu belajar mulai dari internet, komputer dengan berbagai software pembelajaran mulai dari tutorial sampai dengan interakktif. Dan juga ditemukannya teknologi audio dan video digital, yang dapat lebih memudahkan dalam merekam banyak materi pembelajaran dalam suatu modul yang kompak dan kecil. Hal ini apabila dibandingkan dengan zaman ketika saya sekolah dan kuliah dulu sangatlah jauh berbeda. Pada era saya sekolah tidak mengenal internet, dia adalah suatu "barang baru" yang baru saya kenal setelah mulai kuliah, itupun harus ditebus dengan tarif akses yang pada masa itu masih sangat mahal. Era saya juga belum mengenal format audio digital yang bernama MP3, atau MP4. Juga belum mengenal format video dan gambar digital, sehingga proses belajar pada waktu itu sangat mengandalkan foto dari hasil cetak negatif film dan video dari kaset video yang mengandung pita yang sangat sulit direproduksi dan dibawa kemana-mana.
Proses belajar yang sudah demikian maju dan mudah saat ini sebaiknya mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih unggul. Logikanya, jika proses belajar lebih baik dan maju, tentunya SDM yang dihasilkan juga akan lebih berkualitas. Akan menjadi suatu hal yang paradoks apabila nanti kita tidak bisa menemukan kualitas SDM yang lebih baik dari SDM 'jaman dulu' yang dididik tanpa komputer, tanpa internet dan kuliah interaktif.
Tantangan terbesar abad teknologi ini mungkin tertuju bagi para pendidik dan orang tua, yaitu bagaimana fasilitas kemajuan dalam teknologi pembelajaran ini dapat bermanfaat semaksimal mungkin untuk meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jangan sampai dia malah menjadi suatu senjata makan tuan, yang tidak bisa memperbaiki namun malah merusak generasi muda. Tantangan lain mungkin akan dihadapi oleh pemerintah, karena dengan kemajuan teknologi informasi yang demikian pesat dapat terjadi kesenjangan pengetahuan dan informasi antara mereka yang di desa dengan yang di kota. Kesenjangan ini dapat berakibat fatal, karena terkait pula dengan kualitas SDM yang otomatis akan bebrbeda antara SDM di Kota dan di pinggiran. Kesenjangan ini sebaiknya dapat dikurangi dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menyamaratakan informasi dan ilmu pengetahuan ke seluruh negeri.
Jika kita melihat fasilitas, kita akan melihat bahwa pada masa sekarang fasilitas yang tersedia untuk membantu proses belajar sudah sangat beragam dan maju. Sebut saja berbagai alat bantu belajar mulai dari internet, komputer dengan berbagai software pembelajaran mulai dari tutorial sampai dengan interakktif. Dan juga ditemukannya teknologi audio dan video digital, yang dapat lebih memudahkan dalam merekam banyak materi pembelajaran dalam suatu modul yang kompak dan kecil. Hal ini apabila dibandingkan dengan zaman ketika saya sekolah dan kuliah dulu sangatlah jauh berbeda. Pada era saya sekolah tidak mengenal internet, dia adalah suatu "barang baru" yang baru saya kenal setelah mulai kuliah, itupun harus ditebus dengan tarif akses yang pada masa itu masih sangat mahal. Era saya juga belum mengenal format audio digital yang bernama MP3, atau MP4. Juga belum mengenal format video dan gambar digital, sehingga proses belajar pada waktu itu sangat mengandalkan foto dari hasil cetak negatif film dan video dari kaset video yang mengandung pita yang sangat sulit direproduksi dan dibawa kemana-mana.
Proses belajar yang sudah demikian maju dan mudah saat ini sebaiknya mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih unggul. Logikanya, jika proses belajar lebih baik dan maju, tentunya SDM yang dihasilkan juga akan lebih berkualitas. Akan menjadi suatu hal yang paradoks apabila nanti kita tidak bisa menemukan kualitas SDM yang lebih baik dari SDM 'jaman dulu' yang dididik tanpa komputer, tanpa internet dan kuliah interaktif.
Tantangan terbesar abad teknologi ini mungkin tertuju bagi para pendidik dan orang tua, yaitu bagaimana fasilitas kemajuan dalam teknologi pembelajaran ini dapat bermanfaat semaksimal mungkin untuk meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jangan sampai dia malah menjadi suatu senjata makan tuan, yang tidak bisa memperbaiki namun malah merusak generasi muda. Tantangan lain mungkin akan dihadapi oleh pemerintah, karena dengan kemajuan teknologi informasi yang demikian pesat dapat terjadi kesenjangan pengetahuan dan informasi antara mereka yang di desa dengan yang di kota. Kesenjangan ini dapat berakibat fatal, karena terkait pula dengan kualitas SDM yang otomatis akan bebrbeda antara SDM di Kota dan di pinggiran. Kesenjangan ini sebaiknya dapat dikurangi dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menyamaratakan informasi dan ilmu pengetahuan ke seluruh negeri.
Kamis, September 17, 2009
Perencanaan bisnis sebuah kunci sukses bisnis
Membuat perencanaan bisnis untuk menentukan arah bisnis anda, perlu dilakukan secara teratur. Tujuan perencanaan bisnis adalah untuk menggarisbawahi bagaimana cara untuk mencapai visi dan goal bisnis anda, serta memberikan perencanaan bisnis praktis untuk anda terapkan tahun depan.
1. Menentukan prioritas bisnis.
Sebagai contoh, ada tiga aspek dari bisnis saya yang menurut saya merupakan hal terpenting dalam usaha mencapai visi bisnis saya untuk tahun depan. Begitu juga dengan bisnis anda. Lihatlah tiga saja aspek dalam bisnis anda yang anda pandang memerlukan perbaikan segera dan tentukan prioritasnya secara berurutan mulai dari yang terpenting ke yang tidak penting.
2. Brainstorming.
Fokuslah pada salah satu atau dua dari prioritas anda. Apa yang dapat anda lakukan untuk mencapai apa yang ingin anda capai? Biarkan otak anda berpikir dan buatlah daftar ide atas semua tindakan yang mungkin anda ambil, tidak peduli betapa aneh dan tidak bermutunya ide tersebut. (Disinilah adanya partner bisnis atau tim perencanaan bisnis akan sangat membantu; orang lain seringkali datang dengan ide yang sama sekali belum pernah anda pikirkan!)
Sebagai contoh,Saya sudah menentukan prioritas bisnis saya adalah marketing dan Publik relations, saya akan melakukan brainstorming atas semua tindakan yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan marketing bisnis dan Publik relations bisnis saya sehingga saya dapat menggandakan penjualan dan produk saya dikenal secara nasional. Saya dapat :
• Membuat sebuah website
• Mengirimkan press releases secara teratur
• Melakukan sesuatu yang unik atau tidak biasa yang membuat produk saya dikenal luas
• Menyewa seorang ahli Public Relation
• Menerapkan suatu perencanaan marketing
• Melakukan suatu kampanye besar-besaran dengan mengirimkan contoh produk saya kepada calon pelanggan potensial
• Membayar agar nama bisnis saya dapat masuk iklan televisi
• Beriklan di majalah nasional
• Beriklan di search engines
Ini hanya sebagian daftar saja, mudah-mudahan anda mendapatkan idenya. Hal terpenting dalam tahapan brainstorming adalah mencata semua ide anda tanpa berusaha melakukan prejudging (dan penolakan) salah satu dari mereka. Ide yang tampak paling mustahil justru mungkin merupakan ide yang baik. Semoga perencanaan bisnis yang baik akan membawa kesuksesan terhadap bisnis anda
1. Menentukan prioritas bisnis.
Sebagai contoh, ada tiga aspek dari bisnis saya yang menurut saya merupakan hal terpenting dalam usaha mencapai visi bisnis saya untuk tahun depan. Begitu juga dengan bisnis anda. Lihatlah tiga saja aspek dalam bisnis anda yang anda pandang memerlukan perbaikan segera dan tentukan prioritasnya secara berurutan mulai dari yang terpenting ke yang tidak penting.
2. Brainstorming.
Fokuslah pada salah satu atau dua dari prioritas anda. Apa yang dapat anda lakukan untuk mencapai apa yang ingin anda capai? Biarkan otak anda berpikir dan buatlah daftar ide atas semua tindakan yang mungkin anda ambil, tidak peduli betapa aneh dan tidak bermutunya ide tersebut. (Disinilah adanya partner bisnis atau tim perencanaan bisnis akan sangat membantu; orang lain seringkali datang dengan ide yang sama sekali belum pernah anda pikirkan!)
Sebagai contoh,Saya sudah menentukan prioritas bisnis saya adalah marketing dan Publik relations, saya akan melakukan brainstorming atas semua tindakan yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan marketing bisnis dan Publik relations bisnis saya sehingga saya dapat menggandakan penjualan dan produk saya dikenal secara nasional. Saya dapat :
• Membuat sebuah website
• Mengirimkan press releases secara teratur
• Melakukan sesuatu yang unik atau tidak biasa yang membuat produk saya dikenal luas
• Menyewa seorang ahli Public Relation
• Menerapkan suatu perencanaan marketing
• Melakukan suatu kampanye besar-besaran dengan mengirimkan contoh produk saya kepada calon pelanggan potensial
• Membayar agar nama bisnis saya dapat masuk iklan televisi
• Beriklan di majalah nasional
• Beriklan di search engines
Ini hanya sebagian daftar saja, mudah-mudahan anda mendapatkan idenya. Hal terpenting dalam tahapan brainstorming adalah mencata semua ide anda tanpa berusaha melakukan prejudging (dan penolakan) salah satu dari mereka. Ide yang tampak paling mustahil justru mungkin merupakan ide yang baik. Semoga perencanaan bisnis yang baik akan membawa kesuksesan terhadap bisnis anda
Jumat, Agustus 21, 2009
Pemimpin bisnis Indonesia
Pemimpin bisnis dimanapun di belahan dunia ini selalu menarik untuk disimak kehidupannya. Kebanyakan dari mereka adalah tokoh-tokoh yang kehidupannya menjadi impian banyak orang di dunia. Banyak dari mereka yang kaya, berhasil di usia muda, namun tidak sedikit pula yang kisah kehidupannya banyak menginspirasi orang lain. Berikut ini adalah beberapa profil pemimpin bisnis di Indonesia.
William Soeryadjaya adalah legenda dan ikon bisnis di Indonesia. PT Astra International (Astra Group) adalah warisannya yang terus bertumbuh dan merupakan rintisan beliau dari tahun 1960-an.
Orang yang pernah menempati posisi sebagai orang terkaya nomor dua di Indonesia ini adalah sosok yang disegani dan menjadi panutan para kolega maupun pesaingnya.
Makanya, artikel mengenai profil beliau yang ditulis di Majalah SWA Edisi terakhir ini begitu bernilai sehingga saya harus menyimpan inti sarinya di blog ini agar tidak tercecer.
Ia adalah figur yang besar dan berani. Pemikirannya sangat luas. Misinya ingin menumbuhkan ekonomi bangsa dengan mengurangi jumlah pengangguran.
Menurut Teddy P. Rachmat, keponakannnya, William adalah seorang yang punya idealisme, generous, positive thinking, memberi kepercayaan penuh kepada anak buah, berani mengambil orang-orang pintar, courageous dan memiliki visi ke depan yang kuat.
Ia berani menanggung seluruh kerugian Bank Summa dengan menjual Astra. Padahal yang mengelola Bank Summa adalah anaknya, bukan dia.
Soal pendelegasian, ia memberikan secara penuh kepada anak buahnya. Ia benar-benar lepas tangan. Ia hanya menanyakan hasil, tak pernah ikut soal operasional.
Ia hanya bilang supaya perusahaan terus grow, grow, grow.
Ia selalu mencari orang yang terbaik.
Ia termasuk orang yang progresif. Baginya, tumbuh tidak ada batasan. Ia suka sekali mem-push orang agar berusaha semaksimal mungkin.
Ia memperlakukan karyawan dari atasan hingga level bawahan dengan sangat manusiawi. Tak heran, banyak karyawannya yang loyal.
Karakternya yang paling menonjol adalah pandai bergaul dengan siapa saja. Ia memperlakukan people as human.
William melakukan approach ke manusia lebih dari harta. Dari approach itulah timbul loyalitas.
Dalam pengembangan perusahaan, William sengaja merekrut tenaga profesional muda yang pintar. Syarat pertamanya adalah karakter. Setelah itu mereka dididik dengan pendidikan yang berkesinambungan.
Para profesional itu diminta tidak hanya menguasai bahasa Inggris, tapi juga pintar membaca pasar dan pintar berdagang.
Ia tidak suka KKN, termasuk dalam mengajukan pinjaman bank. Setiap tahun kesejahteraan dan gaji karyawan selalu naik.
"Saya belajar problem solving dari dia", kata Teddy. "Dia mengajarkan supaya hasil tidak disimpan sendiri. Harus dibagi".
Kelemahan William, menurut Teddy adalah lemahnya kontrol dan tidak suka mengurusi sampai detail.
Sebenarnya nilai-nilai Astra merupakan cerminan dai tiga bersaudara pendirinya: William, Benjamin Soeyadjaya dan Tjia Kian Tie. William bertipe progresif. Benjamin yang konservatif berperan sebagai rem di perusahaan.
"William adalah sosok yang sangat menjaga trustibility (kepercayaan). "Apa yang telah ia sepakati dan janjikan, semua ia tuntaskan", kata dr. Rudy, dokter pribadinya.
"Tidak sombong, meski menjadi pengusaha sukses, beliau masih tetap ramah", kata Tutty Hayati Anwar, Bupati Majalengka, daerah asal William.
Di usianya yang menginjak 85 tahun, William tetap aktif membaca sedikitnya 7 koran setiap hari dan selalu menonton saluran TV CNBC.
"Kita harus bisa memberikan contoh yang sebaik-baiknya!", kata William dengan singkat sebagai pesannya kepada pebisnis lain di Indonesia.
Semoga bermanfaat dan bisa kita teladani.
William Soeryadjaya adalah legenda dan ikon bisnis di Indonesia. PT Astra International (Astra Group) adalah warisannya yang terus bertumbuh dan merupakan rintisan beliau dari tahun 1960-an.
Orang yang pernah menempati posisi sebagai orang terkaya nomor dua di Indonesia ini adalah sosok yang disegani dan menjadi panutan para kolega maupun pesaingnya.
Makanya, artikel mengenai profil beliau yang ditulis di Majalah SWA Edisi terakhir ini begitu bernilai sehingga saya harus menyimpan inti sarinya di blog ini agar tidak tercecer.
Ia adalah figur yang besar dan berani. Pemikirannya sangat luas. Misinya ingin menumbuhkan ekonomi bangsa dengan mengurangi jumlah pengangguran.
Menurut Teddy P. Rachmat, keponakannnya, William adalah seorang yang punya idealisme, generous, positive thinking, memberi kepercayaan penuh kepada anak buah, berani mengambil orang-orang pintar, courageous dan memiliki visi ke depan yang kuat.
Ia berani menanggung seluruh kerugian Bank Summa dengan menjual Astra. Padahal yang mengelola Bank Summa adalah anaknya, bukan dia.
Soal pendelegasian, ia memberikan secara penuh kepada anak buahnya. Ia benar-benar lepas tangan. Ia hanya menanyakan hasil, tak pernah ikut soal operasional.
Ia hanya bilang supaya perusahaan terus grow, grow, grow.
Ia selalu mencari orang yang terbaik.
Ia termasuk orang yang progresif. Baginya, tumbuh tidak ada batasan. Ia suka sekali mem-push orang agar berusaha semaksimal mungkin.
Ia memperlakukan karyawan dari atasan hingga level bawahan dengan sangat manusiawi. Tak heran, banyak karyawannya yang loyal.
Karakternya yang paling menonjol adalah pandai bergaul dengan siapa saja. Ia memperlakukan people as human.
William melakukan approach ke manusia lebih dari harta. Dari approach itulah timbul loyalitas.
Dalam pengembangan perusahaan, William sengaja merekrut tenaga profesional muda yang pintar. Syarat pertamanya adalah karakter. Setelah itu mereka dididik dengan pendidikan yang berkesinambungan.
Para profesional itu diminta tidak hanya menguasai bahasa Inggris, tapi juga pintar membaca pasar dan pintar berdagang.
Ia tidak suka KKN, termasuk dalam mengajukan pinjaman bank. Setiap tahun kesejahteraan dan gaji karyawan selalu naik.
"Saya belajar problem solving dari dia", kata Teddy. "Dia mengajarkan supaya hasil tidak disimpan sendiri. Harus dibagi".
Kelemahan William, menurut Teddy adalah lemahnya kontrol dan tidak suka mengurusi sampai detail.
Sebenarnya nilai-nilai Astra merupakan cerminan dai tiga bersaudara pendirinya: William, Benjamin Soeyadjaya dan Tjia Kian Tie. William bertipe progresif. Benjamin yang konservatif berperan sebagai rem di perusahaan.
"William adalah sosok yang sangat menjaga trustibility (kepercayaan). "Apa yang telah ia sepakati dan janjikan, semua ia tuntaskan", kata dr. Rudy, dokter pribadinya.
"Tidak sombong, meski menjadi pengusaha sukses, beliau masih tetap ramah", kata Tutty Hayati Anwar, Bupati Majalengka, daerah asal William.
Di usianya yang menginjak 85 tahun, William tetap aktif membaca sedikitnya 7 koran setiap hari dan selalu menonton saluran TV CNBC.
"Kita harus bisa memberikan contoh yang sebaik-baiknya!", kata William dengan singkat sebagai pesannya kepada pebisnis lain di Indonesia.
Semoga bermanfaat dan bisa kita teladani.
Langganan:
Postingan (Atom)