Sabtu, Januari 03, 2009

Lowongan dokter di rig, apakah masih ada?


Lowongan dokter di rig gimana cara ngedapetinnya? Pertanyaan seperti itu sering saya ulangi dalam hati ketika saya PTT dulu. Bahkan lebih jauh ketika saya masih co ass di RS. Saya pikir itulah caranya mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi dan ga terlalu ngoyo sebagai seorang dokter. Karena saya sadar, sebagai seorang dokter yang baru lulus tidak akan bisa langsung punya penghasilan tinggi dari praktek.
Maka berjibakulah saya mencari info kesana kemari tentang kiat-kiat untuk menjadi dokter di rig. Namun, ternyata, mencari lowongan kerja dokter di rig ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dari salah seorang TS senior yang sekarang telah menjadi internis saya dapatkan informasi bahwa menjadi dokter di rig di masa lalu sangat mudah. Namun dari teman saya yang lain saya dapatkan info kalau lowongan kerja dokter di rig di masa sekarang ini agak sulit dan banyak saingannya.
Ternyata memang benar, kriteria dan persyaratan untuk menjadi dokter di rig sekarang sudah banyak berubah. Di era tahun 70-an atau 80-an, dokter yang baru saja lulus dan belum PTT bisa saja melamar ke BP migas dan akan dengan mudah diterima untuk segera bekerja di rig. Tapi sekarang zaman berganti, peraturan pun berubah. Kebanyakan dokter di rig sekarang dipekerjakan oleh perusahaan outsourcing.
Beberapa kriteria yang biasanya dipersyaratkan antara lain :
1.Pasca PTT
2.Punya sertifikat ATLS dan atau ACLS
3.Punya sertifikat Hyperkes akan menjadi suatu nilai tambah
4.Beberapa outsourcing ada yang mewajibkan punya sertifikat Basic Sea Survival (BSS) atau T-BOSIET.
Nah, buat dokter yang sudah memiliki certifikat tersebut diatas, kans anda akan lebih besar untuk diterima di perusahaan outsourcing yang akan menempatkan ke rig. Tapi kalau belum punya, jangan kawatir, ada kok perusahaan outsourcing yang mau memerima dokter yang sertifikasinya masih minim, dan untuk memenuhi sertifikasi di atas, setelah diterima akan dikursuskan untuk dapat memenuhi persyaratan.
Lalu kemana lamaran harus ditujukan? Ada beberapa perusahaan outsourcing tenaga kesehatan besar yang ada di Indonesia. Yang terbesar adalah International SOS (PT ASIH EKA ABADI), selanjtnya ada Global Occupational and healthcare, lalu ada Medika Plaza, serta Medex. Bisa googling sebentar ke internet untuk mencari website masing-masing perusahaan tersebut dan mengirim lamaran dan CV dari sana.
Ada juga sistem kontrak langsung dengan drilling company atau oil company nya. Tapi ini biasanya mempersyaratkan pengalaman kerja. Jadi akan sulit buat yang baru lulus untuk bisa dikontrak langsung drilling company atau oil and gas company. selamat mencoba!

11 komentar:

  1. Ass, Gung, piye kabarmu saiki? wis duwe momongan?Met tahun baru yo

    BalasHapus
  2. Walaikumsalam,
    Alhamdulillah, apik2 wae ndes. Kok bisa nyasar rene ndes? anyway thank's for comment. Alhamdulillah istriku wis telat, mudah2an berhasil hehe. Blogku dilink ya punyamu tak link dah. biar tambah rame

    BalasHapus
  3. Wis tak link,wah tokcer juga ternyata ya,msh aktif di rig apa sudah ke darat

    BalasHapus
  4. infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. wah hebat, pengalamannya pasti banyak di rig
    salam kenal

    BalasHapus
  6. @ dr afie: terima kasih dok, komentnya. terima kasih juga sudah berkenan berkunjung ke blog saya. minta ijinnya buat ngelink dok.
    @ala: terima kasih atas kunjungannya dan salam kenal juga

    BalasHapus
  7. TS YTH,
    Sebagai mantan dokter rig, senang sekali saya bertemu di blogmu ini. jangan lupa kunjungi blog saya dan tak lupa selamat menjadi ayah.

    BalasHapus
  8. assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    dokter Rig..?
    jangan deh,
    masuk International SOS?

    saya adalah mantan pegawai International SOS,

    komentar tentang International SOS:
    tanya aja langsung pada pemilik blog ini, TS semua pasti kagok!

    BalasHapus
  9. memangnya kalau bekerja di international sos knp ya?

    BalasHapus
  10. Klo kerja di outsorcing.. :
    misal perusahaan migas mencari dokter dan akan digaji sebesar katakanalah 30 juta rupiah...
    kemudian pihak outsorcing seperti telah disebut di atas membuat kerjasama dengan perusahaan migas tersebut
    perusahaan outsorcing mengontrak Anda.. dan membuat kontrak kerja dengan Anda sebesar katakanlah 8-10 juta ...

    Diskon 60 persen Gaji Anda..
    Selamat beroutsourcing Ria...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, nampaknya anda sudah sangat berpengalaman jadi pegawai outsourcing sampai tahu hitung2annya secara detil

      Hapus